Home Kesehatan4 Strategi Terbaik untuk Mencegah Terjadinya Alergi Susu Pada Bayi
4 Strategi Terbaik untuk Mencegah Terjadinya Alergi Susu Pada Bayi

4 Strategi Terbaik untuk Mencegah Terjadinya Alergi Susu Pada Bayi

Sekarang ini adalah saat di mana banyak anak di diagnosa dengan macam-macam alergi, terutama alergi susu yang terjadi karena sistem imunitas tubuh anak menganggap bahwa protein sapi di dalam tubuh adalah zat berbahaya yang harus dibasmi. Akibatnya, reaksi anak begitu meminum susu sapi tersebut bisa muntah-muntah, mengalami eksim, gatal-gatal di kulit, mulut membengkak, dan bahkan sesak napas.

Penyebab alergi pada anak sampai sekarang ini masih menjadi tanda tanya. Ada yang mengatakan bahwa terlalu banyak makanan X akan mengakibatkan alergi, sementara penelitian lain justru mengatakan mengkonsumsi makanan X banyak-banyak bisa membuat resiko alergi berkurang. Tapi yang jelas, memang ada beberapa faktor yang besar kemungkinan akan membuat bayi alergi. Misalnya saja keturunan. Jadi hati-hatilah jika ada anggota keluarga yang punya alergi.

Bahkan ketika penyebab alergi sendiri masih diperdebatkan, Anda tetap bisa melakukan langkah-langkah untuk mencegah anak mengalaminya. Ini yang bisa Anda lakukan:

  1. Menunda masa sapih anak

Ketika anak berusia 4-6 bulan, ini merupakan masa-masa yang sangat peka bagi anak dan bisa menjadi titik balik pemicu alerginya. Jadi sampai anak berumur 6 bulan ke atas, tetap berikan ASI seperti biasa.

  1. Perkenalkan dengan makanan padat bertahap

Anda harus mengenalkan anak dengan sebanyak mungkin jenis makanan padat. Tapi jangan lakukan sekaligus, melainkan satu-persatu secara bertahap. Perhatikan reaksi anak, apakah ada reaksi alergi atau tidak.

  1. Waspada dengan riwayat alergi keluarga

Jika keluarga Anda atau pasangan ada riwayat alergi, hati-hati saat mengenalkan susu formula, kacang, dan makanan sejenisnya. Persiapkan diri Anda dengan segala pertolongan pertama.

  1. Hindari penyebab-penyebab alergi yang terkenal

Asap rokok, serbuk bunga, binatang peliharaan, kacang, dan protein susu adalah penyebab alergi yang sangat terkenal. Waspadai ini.

Memang, melakukan hal-hal di atas tak menjamin bahwa anak akan terhindar dari alergi susu sapi Tapi setidaknya ini akan meminimalisir kemungkinan tersebut terjadi. Alternatifnya, Anda mungkin lebih baik mengenalkan Susu Soya SGM pada anak lebih dahulu ketika usianya sudah di atas 6 bulan. Dengan demikian, Anda bisa yakin anak Anda aman dan tak perlu berurusan dengan susu sapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *