5 Makanan yang Membantu Kinerja Mata

Mata adalah salah satu aset yang penting tubuh sehingga harus..

5 Makanan yang Membantu Kinerja Mata

5 Makanan yang Membantu Kinerja Mata

Mata adalah salah satu aset yang penting tubuh sehingga harus dijaga kesehatannya. Mata memiliki peran krusial untuk menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari. Saat mata mengalami masalah, maka penglihatan menjadi terganggu dan merugikan diri sendiri.

Menjaga mata agar tetap sehat bukan berarti harus selalu mengunjungi dokter mata secara teratur. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk menjaga kesehatan mata adalah menjaga makanan dan mengonsumsi beberapa jenis makanan khusus. Makanan yang sehat untuk mata tidak hanya wortel saja, tetapi didapatkan pula dari makanan lainnya. Inilah beberapa makanan yang akan membantu kinerja mata dan membuat mata menjadi sehat, antara lain

  1. Ikan Salmon

Salmon adalah makanan yang mengandung omega 3 asam lemak yang tinggi. dengan mengonsumsi ikan salmon secara teratur akan membantu mencegah mata menjadi kering. Selain itu, ikan salmon juga akan membantu untuk menangkal degenerasi macula yang terkait usia, jadfi salmon dapat melindungi retina dari kerusakan dan mencegah kebutaan.

  1. Telur

Telur seperti sudah  menjadi makanan pokok masyarakat di Indonesia, hampir setiap rumah pasti memiliki telur didalamnya. Makanan yang satu ini sangat populer selain karena rasa enak dan harganya terjangkau, telur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata. Hal ini karena telur mengandung lutein yang memiliki peran aktif untuk meningkatkan daya penglihatan dan mencegah penyakit mata.

  1. Almond

Almond adalah makanan yang mengandung vitamin E yang memiliki kemampuan untuk melindungi sel mata agar tidak rusak. Risiko degenerasi macular akan meningkat jika jaringan mata yang sehat terkena radikal bebas. Tidak hanya itu saja, vitamin yang terkandung dalam almond dapat memperlambat pembentukan katarak.

  1. Bayam

Bayam memang menjadi makanan yang yang sehat jika dikonsumsi secara rutin. Dalam bayam mengandung vitamin A, lutein dan zeaxanthin yang baik untuk mata. Dengan begitu mata akan terlindungi dan juga sehat. Bayam bisa dimasak ataupun diblender dan dibuat jus.

  1. Wortel

Makanan yang satu ini pasti hampir semua orang tahu jika dengan mengonsumsinya akan membuat mata menjadi sehat. Kandungan vitamin A dan beta karoten dalam wortel memiliki peran aktif untuk membuat mata menjadi sehat.

Inilah beberapa makanan yang akan membantu meningkatkan kinerja mata dan juga membuat mata menjadi sehat. Dengan mengonsumsinya secara rutin akan membuat mata menjadi sehat dan berfungi dengan baik. Jadi, sebelum terlambat mulailah untuk menjaga kesehatan mata mulai dari sekarang.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your comments (*)

Name (*)

Your full name please.

Email address (*)

Used for gravatar.

Website

Link back if you want.