Home KesehatanBerbagai Penyebab Kanker Rahim dan Payudara

Berbagai Penyebab Kanker Rahim dan Payudara

Penyebab kanker rahim dan payudara bukanlah karena hal yang secara tiba-tiba terjadi, melainkan dari diri kita sendiri yang kurang memperhatikan pola hidup sehat. Kanker rahim dan payudara merupakan dua jenis kanker yang menyerang kaum wanita. Namun bukan berarti semua wanita mengidap penyakit berbahaya ini. Penyakit ini dapat dihindari dengan cara melakukan penanggulangan sejak dini. Namun sebelumnya kita wajib mengetahui apa saja penyebab dari kanker rahim maupun kanker payudara.

Pertama kita akan membahas apa saja penyebab kanker rahim yang telah banyak membuat penderita hilang harapan dan bahkan merenggut kehidupannya.

  1. Usia

Usia merupakan faktor penyebab terjadinya kanker rahim. Hal ini karena seorang wanita dengan usia 50 tahun yang telah mengalami masa menopause lebih beresiko mengidap kanker dari pada sebelum masa menopaus.

  1. Peningkatan hormon estrogen

Setelah masa menopause terjadi wanita akan mengalami pemberhentian produksi hormon progesteron dan mengalami peningkatan produksi hormone estrogen pada organ reproduksi. Ketidak seimbangan inilah yang mengakibatkan wanita rentan mengidap kanker

  1. Wanita yang sudah menikah dan belum mengalami kehamilan.

Hal ini disebabkan oleh tidak seimbangnya kadar hormon estrogen dan progesterone, dan seperti sebelumnya hal itu sangat beresiko kanker.

  1. Mengalami diabetes

Wanita dengan resiko diabetes sangat berpotensi terjangkit kanker rahim lebih tinggi dari pada wanita yang tidak beresiko diabetes.

  1. Obesitas

Bahaya obesitas tidak sebatas terkena tekanan kolesterol tinggi hal ini juga sebagai salah satu penyebab kanker rahim.

Selain penyebab penyakit kanker rahim, sebagai wanita kita wajib tahu juga penyebab kanker payudara yang menjadi sebuah ketakutan tersendiri bagi kita.

  1. Jenis kelamin

Penyakit ini juga beresiko bagi pria, namun pada dasarnya wanita 100 kali lebih beresiko terkena kanker payudara.

  1. Usia tua

Hal ini didasari dari penelitian bahwa 8 dari 10 kasus kanker, pengidap kanker payudara adalah wanita dengan usia di atas 50 sampai 72 tahun.

  1. Keturunan

Mempunyai keluarga yang mengidap kanker payudara menjadikan resiko terjangkitnya kanker lebih tinggi . hal ini diakibatkan oleh adanya gen tertentu yang sama oleh pengidap kanker payudara.

  1. Opresi implan

Pemberian implan terhadap payudara agar terlihat lebih berisi merupakan tindakan yang sangat beresiko terjangkit kanker payudara. Tekanan implant akan membuat saraf pada payudara selalu menegang yang mana akan menimbulkan luka pada sistim saraf yang berakibat terjadinya benjolan sebagai awal terjangkitnya kanker.

  1. Ada benjolan yang berbeda pada payudara

Benjolan yang tumbuh pada jaringan sel yang terdapat di dalam payudara menambah resiko terjangkit kanker payudara.

Demikian penjelasan dan juga uraian tentang penyebab kanker rahim dan payudara. Dengan mengetahuinya lewat tulisan ini, kita sebagai wanita hendaknya waspada dan segera melakukan pola hidup yang sehat agar hal yang seperti itu tidak menghampiri kita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *