Home KesehatanCara Membersihkan Cairan Pada Vagina
Cara Membersihkan Cairan Pada Vagina

Cara Membersihkan Cairan Pada Vagina

Perawatan bukan hanya dibagian yang terlihat seperti wajah, hidung atau bagian tubuh yang terlihat oleh mata saja akan tetapi perawatan pada bagian yang vital sangat perlu dilakukan agar kondisinya tetap sehat seperti halnya perawatan pada bagian kewanitaan atau vagina. Banyak penyakit yang berhubungan dengan organ kewanitaan tersebut dimana salah satu penyebabnya adalah tidak sering membersihkan organ kewanitaan secara rutin dan membersihkan dengan cara yang tepat agar terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan organ kewanitaan atau vagina. Penyebab lain selain dari menjaga kebersihan organ kewanitaan adalah berkembangnya kuman dan bakteri yang mengganggu kebersihan dari organ intim tersebut. Pada organ intim tersebut terdapat cairan vagina yang berfungsi sebagai terjaganya kelembapan di daerah kewanitaan sehingga dapat terhindar dari kuman dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan organ intim wanita.

Cairan vagina tersebut tingkat keluarnya hanya sedikit namun juga tidak banyak karena saat ini belum ada penelitian berapa angka yang pasti tentang tingkat keluar cairan tersebut dan pada cairan ini juga berfungsi sebagai pelumas dari organ intim tersebut. Cairan ini keluar dari organ intim tersebut dikarenakan pengaruh dari hormon esterogen yang terdapat didalamnya atau juga penyebab lainya adalah karena penggunaan celana dalam yang terlalu ketat sehingga terjadi peningkatan suhu yang memicu keluarnya cairan tersebut dari organ intim itu. Untuk mengatasi hal tersebut maka dalam hal ini akan dibahas mengenai cara dalam membersihkan cairan tersebut yang keluar dari organ intim tersebut dan berikut adalah mengenai cara membersihkan cairan dari organ intim tersebut :

  1. Langkah pertama adalah membersihkan organ kewanitaan dengan air yang bersih dan jangan lupa mengeringkan dengan handuk dimana hal ini berguna untuk membersihkan cairan tersebut secara merata.
  2. Langkah yang kedua adalah kalau perlu gunakan sabun agar dapat bersih secara menyeluruh sehingga tidak ada cairan yang tersisa.
  3. Langkah yang ketiga adalah kembali bilas dengan air agar sabun tersebut dapat hilang.

Cairan vagina memang sering keluar dari organ intim wanita sehingga hal tersebut harus mendapatkan perhatian dari anda sebagai wanita karena bila cairan tersebut tidak dibersihkan maka akan tumbuh kuman dan bakteri pada organ intim anda. Berikut adalah mengenai cara menjaga kesehatan organ intim agar cairan tersebut tidak keluar secara terus menerus ;

  1. Hal yang pertama yang harus anda perhatikan adalah mengenai celana dalam yang anda gunakan dimana jika anda menggunakan celana yang ketat dan tidak berbahan katun maka akan menyebabkan cairan terebut akan terus keluar namun apabila anda menggunakan celana dalam yang longgar dan berbahan katun maka akan mengurangi peningkatan suhu pada organ intim wanita.
  2. Jika cairan tersebut keluar secara terus menerus dan tingkat keluarnya berlebihan disertai dengan keluhan yang lain seperti halnya rasa gatal dan nyeri maka sebaiknya periksalah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik lagi.

Warna yang keluar terkait dengan cairan vagina ini biasanya berwarna bening agak kekuningan, tidak lengket serta tidak berbau dan juga tidak menyebabkan gatal pada organ intim wanita. Cairan ini adalah cara vagina membersihkan diri sehingga keluarlah cairan ini serta jangan anda menggunakan pantyliner hal ini dikarenakan akan menyebabkan penambahan kelembapan dari vagina anda dan akan menyebabkan akan keluar cairan tersebut lebih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *