Home Gaya HidupCara Menentukan Kualitas Batik

Cara Menentukan Kualitas Batik

Kita sering bertanya-tanya bagaimana menentukan kualitas batik yang akan kita beli. Kualitas kain batik yang kita beli akan mempengaruhi kenyamanan Anda saat memakainya. Semakin bagus kualitas kain batiknya maka semakin mahal harganya. Namun yang begitu menentukan tinggi rendahnya suatu harga sebuah kain batik merupakan tingkat kesulitan proses pembuatannya. Bagi Anda yang sangat memperhatikan kualitas barang bekas, memilih kain batik yang berkualitas tentunya menjadi hal yang penting. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan saat memilih kain batik wanita.

Perhatikan jenis kain batik yang akan dibeli, baik batik tulis maupun batik cap / print. Biasanya kain batik tulis memiliki kualitas yang lebih baik daripada batik cap atau batik cap. Selain itu, harganya juga jauh lebih mahal. Hal ini dikarenakan keterampilan yang dibutuhkan selama proses produksi, ditambah lagi waktu membuat batik tulis lebih lama dan lebih rumit dibandingkan batik cap maupun cap. Untuk membedakan batik tulis atau batik cap, batik tulis dari masing-masing corak gambar pada kain berbeda satu sama lain, sedangkan batik cap / cap sama. Hal ini disebabkan karena human error saat memasang batik tulis, dan dari sinilah batik tulis semakin bernilai seni tinggi.

Kualitas pewarnaan

Rasakan warna cat yang terdapat pada kain batik. Pastikan flush yang tersedia tidak menempel di tangan Anda. Jika warna cat meninggalkan bekas di tangan, artinya pewarna yang digunakan berkualitas rendah. Ini bisa luntur hingga perlahan kain batik Anda akan luntur.

Kualitas cetak

Coba balikkan kain batik yang akan Anda beli. Kain batik berkualitas biasanya memiliki cetakan eksterior dan interior yang sama. Karenanya, saat Anda membalikan kain batik, pola dan warna bagian dalam sama dengan bagian luar. Hal ini menunjukkan bahwa kain tersebut sudah melalui proses pembuatan yang rinci dan lebih tahan lama jika dibandingkan kain batik yang memiliki eksterior dan interior yang berbeda.

Selain beberapa tips di atas, coba tempelkan kain batik yang ingin Anda beli pada kulit, jika dirasa kainnya keren saat dikenakan, itu artinya bahan batik adalah kain yang berkualitas. Biasanya kain batik jenis ini tidak mudah kusam meski sudah dicuci berkali-kali. Selain itu, jangan takut bila Anda menemukan kain batik yang terasa kaku, karena ini sering terjadi dan akan menjadi lembut setelah dicuci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *