Cara Mengobati Hipotermia Yang Harus Kamu Tahu

Definisi Sebelum kamu mengetahui cara mengobati hipotermia, kamu harus tahu..

Cara Mengobati Hipotermia Yang Harus Kamu Tahu

Definisi

Sebelum kamu mengetahui cara mengobati hipotermia, kamu harus tahu dulu, nih, definisi dari hipotermia. Menurut hellosehat.com, hipotermia merupakan keadaan di mana tubuh seseorang berada di bawah suhu untuk manusia normal (sekitar 37 derajat celcius). Maka, orang yang menderita hipotermia bisa saja suhu tubuhnya berada di 35 derajat celcius bahkan kurang. Hipotermia ini bisa terjadi ketika tubuh lebih cepat kehilangan panas dibandingkan dengan produksinya.

Kamu tidak bisa menganggap remeh apabila ada seseorang yang sedang mengalami hipotermia, karena orang yang mengidap penyakit ini, fungsi dari organ-organ penting seperti jantung, sistem-sistem saraf dan organ lainnya akan terganggu. Oleh sebab itu, hipotermia sangat bisa membahayakan nyawa orang yang mengidapnya.

Gejala

Gejala untuk hipotermia sendiri memang bermacam-macam, tidak hanya bisa disimpulkan hanya dalam  satu jenis gejala. Maka dari itu, kamu harus mengetahui beberapa gejala untuk penyakit ini sekaligus untuk mewaspadainya. Berikut ini merupakan beberapa jenis gejala untuk hipotermia menurut alodokter.com.

  • Warna kulit yang pucat, serta ketika disentuh kulit tersebut terasa dingin
  • Pengidap mengalami mati rasa
  • Tubuh menggigil
  • Respons tubuh menjadi menurun
  • Mengalami gangguan dalam berbicara
  • Tubuh menjadi kaku dan juga sulit digerakkan
  • Menurunnya kesadaran
  • Mulai merasakan sesak napas sampai napas pun menjadi melambat
  • Denyut jantung pengidap mulai melambat serta jantung terasa berdebar-debar

Gejala di atas rata-rata dialami oleh orang dewasa, sedangkan untuk bayi yang mengidap hipotermia gejala yang timbul adalah bayi yang mendadak diam, terlihat lemas, menurunnya keinginan menyusu atau makan, serta kulit yang terasa dingin juga warna kulit yang menjadi kemerah-merahan.

Pengobatan 

Cara mengobati hipotermia dilihat dari kondisi pengidap terlebih dahulu, kamu bisa mengecek apakah denyut jantung dari pengidap masih ada atau sudah tidak terdeteksi lagi. Apabila memang denyut jantungnya masih terasa, kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

Jika belum ada tenaga medis yang datang, kamu dapat menjauhkan pengidap dari rasa dingin yang ia rasakan. Bisa dengan cara melepaskan baju yang pengidap pakai, karena biasanya orang yang menderita hipotermia adalah orang yang sebelumnya berada di dalam air dalam jangka waktu yang lama, atau setelah pulang dari tempat-tempat yang sangat dingin seperti kutub utara atau selatan. Kemudian ganti dengan pakaian yang kering.

Pindahkan tempat pengidap ke tempat yang lebih hangat dan tidak dingin. Kamu harus berhati-hati, pengidap hipotermia tidak boleh melakukan gerakan yang berlebihan karena bisa mengakibatkan denyut jantung berhenti mendadak. Apabila tersedia selimut, berilah selimut untuk pengidap sebanyak dan setebal mungkin agar tubuh menjadi lebih hangat.

Apabila kondisi pasien masih sadar, kamu bisa memberikannya minuman yang hangat dan juga manis, kalau bisa minuman tersebut harus mengandung nonkafein. Kamu bisa mengompres pengidap dengan kompres hangat yang kering, di bagian dada, leher, serta selangkangan. Kamu harus menghindari mengompres bagian tangan dan juga tungkai, karena dapat mengakibatkan rasa dingin kembali mengalir menuju paru-paru, jantung, dan otak.

Cara mengobati hipotermia juga tidak bisa menggunakan bantal pemanas, air panas, dan pemanas ruangan atau lampu-lampu pemanas. Karena rasa panas yang berlebihan pun akan membuat kulit pengidap justru rusak serta dapat mengakibatkan detak jantung dari pengidap menjadi tidak teratur.

Orang yang sedang mengalami hipotermia tidak boleh ditinggalkan sendirian. Maka dari itu, kamu harus tetap menemani pengidap hipotermia dan juga terus memperhatikan kondisi dari pengidap. Setelah kamu melakukan semua cara mengobati hipotermia di atas, kamu tinggal menunggu kedatangan dari tenaga medis. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your comments (*)

Name (*)

Your full name please.

Email address (*)

Used for gravatar.

Website

Link back if you want.