Cara Meningkatkan Kualitas Komunikasi Keluarga

Di era modern ini peran orang tua sangatlah penting untuk..

Cara Meningkatkan Kualitas Komunikasi Keluarga

Di era modern ini peran orang tua sangatlah penting untuk dapat tetap menghidupkan komunikasi keluarga. Ya, mau tidak mau, dampak dari modernitas yang ada memang tak jarang membuat komunikasi dalam keluarga seolah memiliki jarak. Hal ini bisa terlihat dengan jelas ketika suatu keluarga berkumpul di rumah namun sayangnya tidak ada kehangatan didalamnya.

Oleh karena itu, bagi Anda para orang tua yang merasakan permasalahan yang sama maka sebaiknya mulailah membenahi komunikasi dalam keluarga Anda. Sebenarnya ada sangat banyak cara untuk membenahi hal ini, namun pada kesempatan kali ini akan Kami berikan beberapa cara yang efektif, silahkan simak lebih lengkapnya pada ulasan berikut ini:

4 Cara Meningkatkan Kualitas Komunikasi Keluarga

 

  1. Tidak Menyuruh Namun Memberi Contoh

 

Tahukah Anda bahwa sikap orang tua merupakan teladan terbaik bagi anak-anak? Ya, pada dasarnya Anda tidak perlu terlalu banyak menyuruh anak-anak untuk mau berkomunikasi secara langsung dengan keluarga dan tidak melulus asyik dengan kehidupan sosial di gadgetnya. Cukup dengan Anda berlaku dan bersikap sedemikian itu maka anak-anak pun akan mencontohnya.

Sebagai gambaran, ketika Anda berada di rumah, cobalah untuk fokus dengan apa yang ada di rumah, seperti misalnya menonton televisi bersama anak tanpa harus sibuk bermain smartphone. Ataupun sekedar makan bersama anak tanpa pula harus sibuk menggenggam smartphone.

  1. Biasakan Membuat Jadwal

 

Dalam kesehariannya, Kita seringkali melupakan jadwal dalam keluarga. Seperti misalnya jadwal untuk makan bersama ataupun menonton televisi di ruang keluarga. Hal ini memang terlihat sepele karena sebenarnya bisa dilakukan kapanpun, namun apabila terus-menerus demikian maka waktu-waktu berharga tersebut tidak akan lagi ada.

Jadi, usahakan untuk menentukan jadwal pasti setiap harinya untuk meluangkan waktu berharga Anda khusus bersama keluarga. Bahkan, waktu untuk menyantap meminum teh bersama sebelum berangkat kerja dan sekolah juga bisa menjadi quality time yang turut meningkatkan kualitas komunikasi dalam keluarga Anda. Terlebih jika Anda memilih teh dengan kualitas yang baik seperti Teh Sariwangi, tentu kehangatan keluarga akan lebih terasa.

  1. Biasakan Bercerita

 

Seorang anak tidak akan terbuka kepada kedua orang tuanya apabila kedua orang tuanya tidak juga terbuka kepada mereka. Dalam hal ini Anda sebagai orang tua harus mampu bercerita kepada anak-anak tentang apa saja yang Anda lewati dalam hari-hari ini. Tentunya cerita yang dilontarkan tidak perlu cerita negatif karena ada beberapa hal yang memang harus dihindari untuk diceritakan kepada anak, seperti misalnya masalah keuangan atauapun masalah Anda dengan suami.

Jadi, berbagilah cerita positif dengan anak sehingga mereka mampu merasakan kedekatan sosial secara intim dengan Anda. Setelah itu, mereka pun tak akan segan untuk selalu bercerita tentang kehidupan mereka sehari-harinya.

Nah, itu dia ulasan singkat yang bisa kami berikan seputar cara meningkatkan kualitas komunikasi keluarga, semoga ulasan ini bermanfaat dan keluarga Anda pun semakin bahagia.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your comments (*)

Name (*)

Your full name please.

Email address (*)

Used for gravatar.

Website

Link back if you want.