Home ReviewDaya Tarik Blue Lagoon Jogja yang Berasal dari Tiga Mata Air Nan Jernih
Daya Tarik Blue Lagoon Jogja yang Berasal dari Tiga Mata Air Nan Jernih

Daya Tarik Blue Lagoon Jogja yang Berasal dari Tiga Mata Air Nan Jernih

 

Daya Tarik Blue Lagoon Jogja yang Berasal dari Tiga Mata Air Nan JernihSumber foto: yogyakarta.panduanwisata.id

 

Hampir semua orang tahu bahwa Kaliurang merupakan desa wisata yang terkenal di daerah Sleman, Yogyakarta. Tak berada jauh dari daerah Kaliurang persisnya di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, kamu dapat melihat jernihnya air berwarna hijau kebiruan yang berasal dari tiga mata air. Tiga mata air tersebut di antaranya: Wadon (Putri), Kluwih, dan Sendang Lanang (Putra).

Lebih Mengenal Pemandian dari Mata Air Alami di Yogyakarta

 

Coba nikmati segarnya mata air alami dengan berendam ataupun berenang di Blue Lagoon, sembari menghirup udara yang masih asri di kawasan tersebut. Dulunya nama pemandian mata air ini bernama Tirta Budi. Namun, kini pemandian alami tersebut lebih terkenal dengan sebutan Blue Lagoon karena jernihnya air disekitaran sungai. Nama Blue Lagoon lebih menjual bukan dibandingkan Tirta Budi? Rupanya usulan nama Blue Lagoon tersebut berasal dari mahasiswa KKN yang ingin mengangkat kembali daya tarik pemandian Tirta Budi.

Blue Lagoon Yogyakarta berbentuk ceruk dengan bebatuan alami yang berwarna hitam disekitarnya, dan dikelilingi pepohonan bambu juga akar pepohonan yang besar. Blue Lagoon yang masih alami ini dapat membuatmu betah meskipun hanya sekedar bermain air. Bagaimana tidak, saat melihat ke sungai kamu dapat melihat ikan-ikan yang sedang berenang.

Sayangnya ukuran sungai Blue Lagoon ini tidak terlalu besar mungkin hanya memuat belasan orang.  Sehingga, jika kamu datang diakhir pekan atau musim libur, jangan sedih jika tak kebagian tempat untuk berenang atau berendam. Perlu diperhatikan, saat kamu membawa anak atau saudara yang masih kecil lebih baik gunakan atau pelampung dan tetap mengawasinya apalagi saat sedang berenang karena kedalaman sungai dari Blue Lagoon ini rata-rata satu hingga tiga meter titik terdalam.

Fasilitas Blue Lagoon ‘Pemandian Mata Air Alami’

 

Selain Blue Lagoon, kamu masih bisa menikmati objek wisata lainnya yang berada di kawasan yang sama. Tempat ini bisa kamu pilih sesampainya di Desa Dalem. Dari tempat parkir kamu perlu menempuh beberapa puluh menit untuk menuju wisata alami ini. Saat di pertigaan jalan, kamu dapat memilih untuk terapi menggunakan ikan, yang dapat di temui  Sendang Wadon. Caranya, beloklah ke arah kiri sesampaiya di pertigaan.  Lain halnya jika kamu ingin merasakan terapi pijit air di bawah pancuran,kamu tinggal belok kanan menuju Sendang Lanang. Sedangkan jalan menuju Blue Lagoon  adalah lurus.

Selama perjalanan, kamu dapat membeli cemilan atau makanan besar yang dijual oleh warga setempat di warung-warung sekitar lokasi. Selain warung, fasilitas di objek wisata desa ini pun dapat dikatakan cukup komplit untuk tempat wisata yang belum lama dibuka. Fasilitas yang dapat digunakan saat berada di kawasan Blue Lagoon di antarnya: Mushola, tempat parkir, kamar mandi umum, warung, penginapan, gazebo, dan penyewaan perlengkapan mandi.  Kedepannya fasilitas di kawasan ini akan semakin lengkap berdasarkan pengurus objek wisata setempat dalam beberapa bulan ke depan akan dibangun arena permainan anak, mainan outbond, kolam renang khusus anak-anak, dan gethek. Semoga dengan fasilitasnya bertambah, keaslian alam dari kawasan Desa Dalem tetap terjaga.

Tertarik untuk berkunjung ke tiga objek wisata di Desa Dalem,  Yogyakarta? Jika kamu ingin merasakan berenang di Blue Lagoon, sebainya pergilah di hari atau jam-jam saat orang-orang bekerja dan jangan pergi saat cuaca sedang hujan. Selain membahayakan diri sendiri, air sungai di Blue Lagoon hanya akan terlihat keruh.  Untuk karcis masuk, kamu hanya akan dikenakan biaya Rp2.000 per orang dengan jam operasional mulai dari pukul 07.00 WIB hingga senja menjelang  dan buka tiap hari.

Bagi kamu wisatawan dari luar kota Yogyakarta dapat mencari hotel disekitaran jalan Kaliurang. Kaliurang merupakan salah satu jalan yang terdekat untuk menuju Blue Lagoon.  Untuk menuju Blue Lagoon, kamu hanya perlu menelusuri Jalan Kaliurang hingga km 13 kemudian belok kanan jika berada di sisi kota Jogja. Ikuti terus jalan Besi-Jangkang hingga menemukan pertigaan besar dengan patokan Bank BPD.  Dari jalan tersebut, beloklah ke arah kanan. 300 meter dari arah sana kamu dapat melihat petunjuk yang jelas menuju Blue Lagoon Yogyakarta.

Setelah renang, biasanya membuat badan terasa lelah dan mata mulai mengantuk. Hal ini perlu diperhatikan jangan sampai kamu tumbang  di tengah perjalanan. Salah satu caranya mencari hotel yang dekat dengan objek wisata. Sehingga Anda dapat cepat beristirahat. Hotel yang berada tidak jauh dari Blue Lagoon adalah Aryuka Hotel yang berada di Jalan Kaliurang KM 5,8.  Jarak dari Aryuka Hotel  ke Blue Lagoon dapat ditempuh dalam waktu 24 menit.  Apalagi, saat sedang berlibur pesan hotel murah di Reservasi dan dapatkan hotel murah yang memiliki fasilitas yang cukup dan berada di jalan strategis adalah surga bagi para wisatawan. Jadi, tunggu apalagi segera pilih tanggal dan pergi melihat alaminya sungai dari  Blue Lagoon dan segera pesan hotel murah melalui reservasi.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *