Home BeritaFakta AC yang Belum Banyak Diketahui Orang
Fakta AC yang Belum Banyak Diketahui Orang

Fakta AC yang Belum Banyak Diketahui Orang

Sebagai mesin yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan, keberadaan ac sudah menjadi salah satu kebutuhan primer di perumahan maupun perkantoran. Apalagi kondisi geografis Indonesia yang berada di wilayah tropis, kehadiran ac mampu menjadi solusi bagi Anda yang mengeluhkan cuaca panas. Itu sebabnya, banyak orang menjadi kecanduan terhadap pemakaian ac. Meski cuaca di luar sedang hujan dan dingin, kadang ac di rumah tetap saja Anda nyalakan. Padahal sebenarnya, pemakaian ac yang berlebihan jsutru dapat mengganggu kesehatan seseorang. Itulah mengapa Anda perlu menggunakan ac secara bijak.

Berikut ini kami telah menghimpun beberapa fakta ac yang belum banyak diketahui orang, diantaranya:

1. Kesalahan dalam menyetel suhu AC

Banyak dari Anda yang mungkin melakukan kesalahan ini, yakni menyetel remot ac dengan suhu di 18 derajat dan kecepatan kipas/ fan yang maksimum. Hal ini menjadikan mesin ac bekerja secara terus menerus dan tanpa istirahat. Itu dikarenakan kompresor ac tidak dapat mengubah suhu di dalam ruangan menjadi 18 derajat. Apalagi mengingat kondisi Indonesia yang berada di garis kathulistiwa. Kompresor ac yang bekerja tanpa istirahat, akan berdampak pada borosnya pemakaian listrik

2. Tagihan listrik 50%

Masih berkaitan dengan nomor pertama, tagihan listrik di rumah Anda bisa membengkak hanya dikarenakan salah dalam mengoperasionalkan ac. Sekitar 50% dari tagihan listrik Anda berasal dari penggunaan ac. Jika Anda tidak percaya, segera buktikan dengan mengurangi kinerja ac Anda.

3. Fungsi tombol pada remot AC

Mungkin Anda adalah satu dari sekian banyak pengguna ac yang belum sepenuhnya tahu fungsi dari setiap tombol di remot ac Anda. Sebagian besar orang hanya mempedulikan bagian on/off dan menaik-turunkan suhu ruangan. Akibatnya, banyak yang mengeluhkan kondisi ac yang kurang dingin padahal sudah disetting dengan suhu dibawah 20 derajat.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena Anda mengabaikan pengaturan setting mode ac. Ubahlah mode setting ac Anda menjadi mode cool, yang berfungsi untuk mengatur ruangan agar menjadi dingin. Jangan sampai Anda justru mengatur ac ke mode auto dry, karena AC akan beralih fungsi untuk mengurangi kelembapan udara pada ruangan.

4. Rutinlah menservice AC

Poin terakhir yang kadang masih sering diabaikan oleh pengguna ac adalah menservicenya secara rutin. Janganlah menunggu ac terasa panas, baru akan Anda service. Penumpukan debu dan kotoran akan berdampak pada kerusakan mesin dan komponen AC. Selain itu, faktor kualitas udara yang terhirup akan membuat kesehatan dan pernafasan Anda terganggu. Menunda service ac ketika sudah jadwalnya tiba, juga turut mempengaruhi pemborosan energi listrik rumah Anda.

Bagi Anda yang berada di wilayah ibukota, cucilah ac Anda pada tenaga service ac Jakarta selatan yang profesional dan terpercaya. Setidaknya, ac butuh tiga bulan sekali untuk dicuci dan menghilangkan debu-debu kotoran di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *