Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Motor Secara Kredit

Bagi beberapa orang, harga motor merupakan harga terjangkau untuk dibeli..

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Motor Secara Kredit

Bagi beberapa orang, harga motor merupakan harga terjangkau untuk dibeli secara cas. Namun beberapa lainnya juga merasa harga motor masih mahal dibeli secara cas maka solusi membelinya adalah dengan jalur kredit. Jalur kredit memungkinkan orang untuk dapat membeli barang dengan sistem angsuran tiap bulannya. Meski lebih mahal apabila dikalkulasikan, jalur ini banyak dipilih karena tidak harus mengeluarkan uang dalam satu waktu tetapi diangsur dalam beberapa tahun. Anda bisa melakukan simulasi kredit motor untuk memperjelas biaya yang harus Anda bayarkan selama beberapa tahun ke depannya.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan kredit motor sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

Lakukan survei dan perbandingan

Jika diperhatikan sekarang ini ada banyak sekarang dealer yang bisa dipilih mengingat tingginya permintaan pasar akan pembelian motor. Hal inilah yang menjadikan anda harus cermat dan teliti dalam meilih dealer untuk mengurus proses pembelian motor anda secara kredit. Lakukan survey di beberapa tempat dan beberapa dealer, bandingkan penawarannya. Jika sudah mendapatkan dealer yang sesuai, pastikan bahwa dealer tersebut terpercaya dan aman sehingga tidak mempersulit  Jangan sampai anda tertipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang justru akan membuat Anda rugi.

Pertimbangan dan pastikan biaya lain-lain

Selain bunga kredit dan yang oerlu anda perhatikan sebelum mengambil kredit yaitu sejumlah biaya lain-lain. Seringkalinya biaya lain-lainnya diabikan sehingga menjadi beban ketika diakhir masa angsuran kredit. Beberapa leasing atau dealer kadang memberikan biaya lain-lain tanpa penjelasan di awal sehingga membuat beberapa orang baru menyadari di akhir bahwa kredit motor sangat menguras biaya. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya jika Anda memastikan biaya lain-lainnya serta mempertimbangkan apakah biaya tersebut mampu di bayar dengan penghasilan yangs elama ini anda dapatkan. Beberapa biaya yang perlu dipastikan yaity biaya denda keterlambatan, biaya penalty jika pelunasan utang di awal, biaya pengambilan BPKB jika masa kredit telah selesai, dan lain sebagainya.

Sesuaikan dengan kemampuan keuangan

Sebelum mengambil kredit, hal pertama yang perlu anda perhatikan yaitu cicilan yang akan Anda bayar tiap bulannya. Sebelumnya tentukankan dulu jenis motor yang ingin Anda beli. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan harga, jangan sampai telampau mahal dari penghasilan yang didapatkan. Kemudian pertimbangkan angsuran tiap bulannya apakah keungan mendukung atau tidak. Pertimbangkanlah secara matang agar tidak terjadi macet membayar ketika masih dalam proses kredit. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan pemasukan.

Simulasi Kredit Motor Yamaha

Salah satu mengatasi kredit motor yaitu dengan menyesuaikan kemampuan membayar dengan angsuran tiap bulan yang harus di bayar. Pengeluaran harus lebih kecil atau setara dengan pemasukan. Untuk mengantisipasti adanya kelebihan pengeluaran, sebelum mengambil kredit motor, anda harus memastikan biaya angsuran tiap bulannya. Yamaha sebagai perusahaan motor yang besar di Indonesia menyediakan simulasi kredit motor bagi mereka yang ingin membeli motor secara kredit.

Simulasi kredit motor ini sangat berguna jika Anda memiliki penghasilan yang cukup namun berniat untuk membeli motor. Cara pengaplikasiannya cukup mudah. Anda hanya perlu masuk simulasi kredit motor di website resmi Yamaha, kemudian isi kolom yang terdiri atas produk motor yang dipilih, harga OTR, down payment (DP) yang ditunjukkan dalam bentuk persen, dan tenor. Dari isian tersebut Anda dapat melihat besaran angsuran yang dibayar tiap bulan selama beberapa tahun. Kemudian Anda juga bisa langsung masuk menuju ke dealer resmi Yamaha.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your comments (*)

Name (*)

Your full name please.

Email address (*)

Used for gravatar.

Website

Link back if you want.