Harapan Baru Bagi Pasangan Yang Mengharapkan Buah Hati

Memiliki anak merupakan impian sebagian besar pasangan suami istri. Si..

Harapan Baru Bagi Pasangan Yang Mengharapkan Buah Hati

Memiliki anak merupakan impian sebagian besar pasangan suami istri. Si kecil yang lucu dan menyambung keturunan juga menjadi salah satu tujuan saat dua orang memutuskan untuk menikah. Namun untuk pasangan yang didiagnosa tidak subur, tidak perlu khawatir. Ada metode kesuburan yang relatif aman bagi pasutri. Perawatan kesuburan metode IUI namanya.

Untuk mereka yang mendapatkan diagnosis infertilitas pria, metode IUI relatif lebih besar tingkat keberhasilannya. IUI adalah kependekan dari Intrauterine Insemination (Inseminasi Dalam Rahim). Metode ini bekerja dengan cara meningkatkan jumlah sperma yang dapat mencapai tuba falopi. Dengan demikian akan lebih besar kemungkinan sperma dapat mencapai dan membuahi sel telur.


Sebelum sperma diletakkan di dalam rahim, pasangan suami istri yang ingin melakukan inseminasi akan menjalani sejumlah tes. Berupa analisis sperma, USG panggul (pada istri), dan tes hormon. Semua tes ini bertujuan agar pasutri dalam keadaan siap menjalani proses inseminasi buatan. Pasutri dapat menjalani perawatan kesuburan dengan metode IUI untuk peluang mendapatkan keturunan yang lebih besar.

Dokter biasanya akan menyuntikkan  obat kesuburan untuk merangsang tubuh memproduksi lebih banyak sel telur. Stimulasi ini juga mencakup penyuntikan replika hormon agar tuba falopi mematangkan dan melepaskan sel telur. Sementara dari pihak suami, akan dilakukan pencucian sperma dari air mani agar didapatkan sperma dengan kualitas terbaik. Pencucian ini sangat membantu terutama bagi mereka yang mendapatkan diagnosis infertilitas pria, dimana bisa jadi sperma memiliki kualitas yang kurang baik. Atau jumlahnya tidak mencukupi.

Sperma yang dipilih hanya yang berkualitas baik dan memiliki pergerakan cepat. Setelah tubuh istri siap untuk menerima pembuahan, maka sperma suami akan disuntikkan ke dalam rahim. Bukan dengan jarum suntik tentunya, tapi melalui kateter kecil yang dimasukkan hingga ke leher rahim. Nyaris tanpa rasa sakit. Dengan metode IUI, kemungkinan untuk mendapatkan anak akan lebih besar. Memang tidak semua pasangan berhasil, atau ada yang akhirnya berhasil setelah beberapa kali mencoba. Tapi perawatan kesuburan dengan metode IUI ini adalah harapan baru bagi mereka yang mengharapkan hadirnya buah hati. Terutama bagi para suami yang di diagnosis infertilitas pria.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your comments (*)

Name (*)

Your full name please.

Email address (*)

Used for gravatar.

Website

Link back if you want.