Home UncategorizedInilah Cara Membuat dan Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar

Inilah Cara Membuat dan Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar

Apakah menurut Anda menulis bagian penutup atau bab makalah itu sulit atau mudah? jangan remehkan ya guys! Meskipun itu adalah ujung makalah, bukan berarti bagian penutup makalah bisa dibuat sembarangan. Supaya sobat tidak terjebak dan meremehkan bagian penutup, Kali ini kita akan membahas cara membuat beserta contoh saran dalam makalah atau penutup yang baik dan benar. Ingin tahu cara kerja pembahasannya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Bagian Penutup Makalah?

Bagian penutup atau chapter penutup dari makalah merupakan bagian yang menyatakan kesimpulan dan rekomendasi secara singkat tentang pembahasan yang telah dijelaskan pada bagian konten. Bagian ini sering disebut sebagai bab penutup.

Pada bagian kesimpulan, Anda harus menuliskan kesimpulan yang mendalam tentang pembahasan atau isi makalah. Sementara pada bagian saran, Anda hanya perlu menuliskan saran atau saran Anda atas tema atau isu yang disajikan di makalah.

Bagian penutup yang baik memenuhi beberapa syarat yaitu tidak berbicara, fokus meringkas isi makalah, dan tidak memberikan saran atau saran yang tidak ada sangkut pautnya dengan pembahasan.

Tidak ada kata-kata yang mbulet (bertele-tele)

Penutup yang bagus dan akurat tidak dapat memuat banyak halaman. Idealnya, bagian penutup adalah satu halaman. Jika pembahasan atau bagian konten cukup panjang, maka bagian penutup hanya dapat menampung maksimal dua halaman.

Alasan utama mengapa bagian penutup harus sederhana dan jumlah halaman maksimal dua adalah karena bagian ini merupakan kesimpulan akhir dari pembahasan atau isi dan merupakan jawaban atas tujuan yang dinyatakan dalam pendahuluan. Kesimpulan yang tertulis di penutup harus akurat.

Hal ini untuk memudahkan pembaca dalam memahami hasil penelitian Anda dalam makalah ini. Sementara itu, Anda harus memiliah hanya bagian penting dari diskusi dan tidak perlu menjelaskan hal-hal lain pada bagian penutup tersebut.

Fokuslah meringkas isi makalah

Kesalahan yang sering dilakukan saat penulisan cover section tidak fokus meringkas isi paper. Hal ini sering terjadi karena penulis tidak mengerti apa yang harus ditulis pada bagian penutup.

Padahal, dalam penutup Anda hanya perlu fokus menyajikan kesimpulan dari isi makalah. Untuk itu, poin-poin data temuan Anda harus dilihat dari bagian pembahasan. Maka selanjutnya, penulisan cover part tidak akan sulit dan mudah dilakukan.

Berikan Saran yang Sesuai dengan Tema Makalah

Saran di penutup seringkali diremehkan. Akhirnya, saran tertulis diperluas di mana-mana. Padahal, sub-bagian ini harus tetap relevan dengan tema dan isi makalah.

Untuk memberikan saran yang sesuai dengan isi dan tema makalah Anda, cukup dengan mengaitkan temuan Anda. Jika dikaitkan dengan hasil yang sudah Anda teliti di lapangan, maka cukup memberikan saran kepada pelaku di lapangan tentang temuan anda. Jika penelitian berbasis perpustakaan atau berdasarkan buku referensi, Anda hanya perlu memberikan saran atas wacana yang disajikan di berbagai sumber literasi tersebut.

1. Kesimpulan

Perbedaan harga antar pedagang sayur di Pasar Tradisional Benhill tidak terlalu signifikan. Pasalnya, selisih harga hanya mencapai 6,5 persen saja agar pola perdagangan tidak saling menjatuhkan. Dari setidaknya 10 pedagang yang ditemui, rata-rata yang ditawarkan tidak memiliki harga yang jauh berbeda.

Untuk harga cabai keriting berkisar antara Rp30.000-Rp35.000 perkilogram, harga cabai merah besar berkisar antara Rp25.000 -Rp28.000 perkilogram, harga bawang merah berkisar antara 35.000 -Rp38.000 per kilogram, dan bawang putih berkisar antara Rp. Rp48.000-Rp50.000 per kilogram. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa persaingan pedagang tergolong sehat. Oleh karena itu, kegiatan ekonomi di Pasar Tradisional Benhill tidak dimonopoli oleh pedagang tertentu.

2. Saran

M

elihat kesegaran kegiatan ekonomi di Pasar Tradisional Benhill, saran yang bisa diberikan kepada para pedagang pasar adalah menjaga suasana kegiatan ekonomi. Sementara itu, hal itu perlu dilakukan agar tidak ada kemungkinan merusak keseimbangan kegiatan ekonomi di Pasar Tradisional Benhill.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *