Jenis Alergi Pada Anak Yang Perlu Diwaspadai

Pernahkah anak Anda mengalami tanda-tanda alergi seperti bersin-bersin, gatal, atau..

Jenis Alergi Pada Anak Yang Perlu Diwaspadai

Pernahkah anak Anda mengalami tanda-tanda alergi seperti bersin-bersin, gatal, atau munculnya ruam pada kulit? Alergi merupakan hal yang sering dialami anak-anak. Kondisi ini terjadi akibat tubuh memiliki respon berlebihan terhadap suatu zat. Ketika tubuh melakukan kontak pada zat atau alergen tersebut, maka muncullah beberapa tanda-tanda alergi. Sampai saat ini belum diketahui penyebab alergi pada anak secara pasti, namun Anda bisa mencegah alergi tersbeut muncul kembali. Dibawah ini beberapa alergi yang sering terjadi pada anak dan pencegahannya:

  1. Alergi debu
    Alergi debu merupakan salah satu penyebab alergi yang paling umum. Debu dapat dijumpai di sekitar rumah, mainan dan perlengkapan anak. Jika anak mengalami alergi debu, bersihkan rumah secara rutin agar tidak ada debu yang menumpuk dan jika perlu, pakaikan masker pada anak saat keluar rumah.
  2. Alergi makanan
    Beberapa makanan seperti misalnya susu, ikan, dan seafood dapat menimbulkan alergi pada anak. Beberapa gejala yang timbul antara lain muntah, gatal-gatal, dan sakit perut. Beberapa alergi makanan dapat mereda saat anak beranjak dewasa, namun jika tetap terbawa sampai dewasa, sebaiknya hindari makanan pemicu alergi tersebut.
  3. Alergi bulu hewan peliharaan
    Beberapa tanda jika alergi bulu hewan peliharaan antara lain sesak nafas dan juga gatal-gatal. Biasanya hewan berbulu seperti kucing atau anjing menjadi penyebabnya.
  4. Alergi dingin
    Alergi dingin merupakan reaksi alergi jika terpapar suhu dingin. Salah satu gejala alergi dingin antara lain kulit menjadi merah, bengkak dan gatal. Pakaikan baju yang hangat pada anak saat berada di suhu dingin dan berikan minuman hangat untuk membuatnya merasa lebih baik.
  5. Alergi zat kimia
    Beberapa kasus, anak mengalami alergi zat kimia yang terkandung dalam deterjen atau pewangi baju. Biasanya hal ini menimbulkan ruam atau gatal pada seluruh tubuh. Anda bisa menggunakan deterjen atau zat pewangi yang berbahan aman dan tidak menimbulkan alergi. Selain deterjen, beberapa kandungan kimia seperti pestisida dan cairan pel juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada anak.
  6. Gatal-gatal dan pembengkakan
    Gatal-gatal yang kita maksud adalah berupa bercak-bercak atau benjolan berwarna merah yang muncul di permukaan kulit. Tidak menutup kemungkinan kadang-kadang tidak muncul terlalu lama, bisa hanya beberapa jam atau hari, kemudian sembuh dengan sendirinya. Gejala lainnya yang juga kerap muncul dengan disertai gatal-gatal adalah angioedema. Angioedema merupakan pembengkakan yang terjadi di daerah kulit yang lunak, seperti di dalam mulut, di sekitar mata, dan di sekeliling organ kelamin.
  7. Eksim
    Mungkin selama ini Anda belum menyadari bahwa eksim pada umumnya terjadi pada bayi atau anak-anak yang memiliki riwayat alergi makanan, rhinitis alergi, atau asma. Alergi kulit pada bayi dan anak dimulai dengan kemunculan ruam pada kepala atau wajah mereka. Biasanya setelah itu dapat menyebar ke area dada dan lengan. Para ahli medis tidak dapat menentukan penyebab kondisi ini secara pasti, namun para ahli medis menyarankan untuk menghindari keadaan yang bisa membuat berkeringat, kulit kering, penggunaan sabun atau deterjen tertentu, bahkan bersentuhan dengan kain yang kasar, apabila tidak ingin eksim terasa makin gatal.
  8. Ruam akibat Alergi
    Jenis alergi yang satu ini dapat terjadi jika bayi atau anak-anak menyentuh langsung pemicunya. Benda-benda yang dimaksud misalnya kosmetik, bahan kimia, bahan pewarna sepatu, bahan-bahan yang terdapat pada pasta gigi dan obat kumur, obat-obatan yang digunakan pada kulit, dan logam.
  9. Alergi karena air liur
    Alergi pada anak juga bisa saja disebabkan oleh air liur yang membasahi mulut dan dagu mereka. Banyak orang tua yang beranggapan ruam tersebut terjadi karena alergi terhadap makanan yang dikonsumsi oleh bayi. Tentu saja, kulit kemerahan yang kerap disertai benjolan kecil tersebut adalah akibat kontak dengan air liur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your comments (*)

Name (*)

Your full name please.

Email address (*)

Used for gravatar.

Website

Link back if you want.