Kiat Memilih Tempat Tidur Bayi Baru Lahir yang Tepat

Penting sekali untuk selalu diketahui dan diingat, bahwa Anda tidak..

Kiat Memilih Tempat Tidur Bayi Baru Lahir yang Tepat

Penting sekali untuk selalu diketahui dan diingat, bahwa Anda tidak disarankan untuk memilih tempat tidur bayi secara sembarangan. Apalagi jika si kecil baru terlahir ke dunia, Anda sudah pasti harus lebih hati – hati lagi dalam memilih tempat tidur bayi baru lahir tersebut. Karena di tempat ini bayi Anda akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur.

Faktor kenyamanan dan keamanan tentu menjadi salah satu yang paling penting untuk diperhatikan dengan baik. Karena tidak hanya untuk beristirahat, ternyata tidur juga menjadi waktu yang paling penting untuk pertumbuhan otaknya, juga sistem kekebalan tubuh, dan fungsi memori bayi.

Tak perlu khawatir, sebab sekarang sudah ada banyak sekali macam dan jenis tempat tidur bayi yang bisa dipilih juga didapatkan. Beberapa dari Anda mungkin lebih nyaman jika bayinya bisa tidur di ranjang yang sama. Akan tetapi sebagian lagi ingin memberi kebebasan bagi si kecil untuk tidur di tempat tidurnya sendiri.

Kiat Memilih Tempat Tidur Bayi Baru Lahir yang Tepat

  • Untuk memilih tempat tidur bayi baru lahir yang tepat pertama adalah memperhatikan dan memilih ukuran yang sesuai. Silakan Anda pilih ukuran tempat tidur yang paling sesuai dengan usia si kecil. Akan jauh lebih baik lagi bila tinggi tempat tidurnya juga disesuaikan dengan usia si kecil.
  • Selain itu pastikan pula bahan atau material dari tempat tidur anak Anda dibuat dari bahan yang aman dan tidak beracun. Anda bisa memilih bahan stainless dibandingkan besi. Selain hal tersebut, pastikan cat tempat tidurnya tetap aman untuk bayi Anda sebab setiap hari ia akan ada di tempat tersebut.
  • Pada saat Anda akan membeli tempat tidur untuk bayi baru lahir, silakan coba dorong dan goyangkan tempat tidur tersebut. Ini akan membantu Anda untuk mengetahui apa tempat tidur tersebut benar – benar kokoh dan tidak mudah terguling. Meksipun si kecil sedang tidur, biasanya ia tetap aktif bergerak, makanya Anda disarankan untuk memilih tempat tidur yang kuat dan kokoh.
  • Seperti yang kita tahu bersama, bahwa sekarang ada banyak sekali tempat tidur bayi yang menawarkan model pagar pembatas bisa dibuka dan ditutup dengan mudah, atau pun berupa pintu tarik. Demi keamanan si kecil Anda disarankan untuk menghindari memilih tempat tidur yang demikian. Lebih baik pilih tempat tidur yang semua sudutnya tertutup sehingga bisa mencegah si kecil terjatuh.
  • Jangan lupa pula untuk mengukur celah pada terali tempat tidur si kecil. Pastikan teralis pada tempat tidur yang Anda pilih tidak terlalu renggang, sebab ini akan sangat membahayakan aktifitasnya. Lebih baik pilih jarak terali 6 cm agar kepala, tangan, maupun bagian tubuh si kecil tidak terjepit.
  • Tinggi terali juga penting sekali untuk Anda perhatikan, sebaiknya Anda pilih teralis dengan tinggi minimal 65 cm dari matras. Seiring dengan bertambahnya usia si kecil, matras lebih baik diturunkan hingga menjadi lebih rendah. Dengan begitu si kecil akan lebih sulit untuk memanjat keluar dari tempat tidurnya.
  • Selain itu hindari tempat tidur yang menggunakan bumper. Sebenarnya penggunaan bumper ini tidak terlalu penting, sebab yang demikian tersebut bisa sebabkan bayi tercekik. Selain hal tersebut, jika bayi sudah agak besar penggunaan bumper ini bisa dijadikan si kecil sebagai pijakan untuk melompat keluar dari tempat tidur.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang kiat memilih tempat tidur bayi baru lahir yang tepat. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your comments (*)

Name (*)

Your full name please.

Email address (*)

Used for gravatar.

Website

Link back if you want.