Membat Rak Cuci Piring yang Tepat

Piring merupakan wadah untuk makan. Dibandingkan dengan peralatan lain, peralatan..

Membat Rak Cuci Piring yang Tepat

Piring merupakan wadah untuk makan. Dibandingkan dengan peralatan lain, peralatan seperti piring, sendok, gelas, dsb harusnya lebih diperhatikan kebersihannya. Hal ini mengingat piring digunakan untuk meletakkan makanan dan makanan akan masuk ke dalam tubuh. Sehingga jika tidak dibersihkan dengan baik akan bisa menimbulkan penyakit. Tak jarang penyakit datang karena tempat makan yang kurang bersih selain makanan yang tidak higienis. Selain prnting untuk mencuci dengan bersih juga penting dimana meletakkan piring tersebut. Kebanyakan ibu yang tinggal di desa pasti masih menggunakan rak piring kayu dan bahkan seadanya. Sementara ibu di daerah perkotaan sudah menggunakan stainless steel. Cuci piring tak hanya kebersihan saja tetapi juga bagaimana meletakkan piring setelah dicuci. Itulah sebabnya rak piting juga penting untuk menjaga kebersihan.

Desain rak cuci piring yang tepat pertama dilihat dari bahannya. Ada dua bahan yakni kayu dan stainless steel tentunya ada kelebihan dan kelemahan masing-masing. Apabila rak kayu bisa menyerap air yang menetes dari piring sehingga tidak membasahi dapur. Namun tahukan anda, rak piring dari kayu mudah sekali menjadi sarang bakteri. Tentunya sangat tidak bagus untuk kebersihan piring. Maka meski tujuannya baik, rak piring dari kayu bukan saran yang tepat. Kedua yakni rak yang terbuat dari stainless steel. Mengingat bahan ini adalah bahan utama sendok, bisa dilihat bahan sendok tidak mudah berkarat bukan? Sehingga menjemur piring di rak dengan bahan ini tidak akan kotor lagi dengan infeksi bakteri. Itulh sebabnya bahan ini lebih direkomendasikan.

Namun biasanya saat cuci piring akan basah. Jika menggunakan rak stainless steel akan membasahi lantai. Lantas bagaimana caranya agar tidak mengotori lantai? Anda bisa menggunakan rak piring kecil untuk diletakkan di sisi sebelah tempat mencuci piring yang mana dilapisi stainless steel. Biasanya ada tempat khusus samping kanan keran. Anda bisa meletakkan rak disitu kemudian jika air menets maka akan langsung turun ke wastafel sehingga tidak mengotori meja dapur. Baru setelah kering dipindahkan ke dalam rak besar. Cara ini lebih bersih dibandingkan dengan menggunakan rak kayu yang mudah berjamur. Menggunakan rak model ini juga awet. Namun akan susah jika dibuat sendiri sehingga disarankan membelinya. Usahakan mencari rak yang bisa juga diletakkan sendok dan gelas sekaligus sehingga rak multifungsi. Rak ini sebagai tempat sementara saja karena jika lama-lama disana akan kotor kembali saat keran dibuka.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your comments (*)

Name (*)

Your full name please.

Email address (*)

Used for gravatar.

Website

Link back if you want.