Musim Hujan Tiba, Begini Cara Rawat Motor Luar-Dalam

Ketika musim hujan seperti saat ini, kendaraan bermotor memerlukan perhatian..

Musim Hujan Tiba, Begini Cara Rawat Motor Luar-Dalam

Ketika musim hujan seperti saat ini, kendaraan bermotor memerlukan perhatian ekstra agar pengemudinya aman dalam berkendara. Daerah perkotaan selalu identik dengan banjir apabila musim hujan telah datang. Hal ini tentu memberikan dampak yang buruk bagi pengendara motor karena bisa mengakibatkan mogok di tengah perjalanan. Belum lagi, kalau jalanan dengan aspal yang tidak merata dan lubang-lubang jalan tertutup genangan banjir. Musim hujan tidak hanya menjadi berkah, tetapi bisa juga menjadi wabah apabila kita tidak mempersiapkan segala antisipasinya. Tidak jarang terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh kondisi kendaraan yang tidak prima dalam cuaca ekstrim.

Merawat motor, selain cukup diservis ke bengkel, sebenarnya dapat dilakukan sendiri di rumah. Beberapa orang beranggapan perawatan motor cukup ribet. Namun, ada beberapa cara praktis yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan performa motor dan memberikan rasa aman berkendara dalam menghadapi cuaca yang tidak bersahabat. Sebagaimana tubuh manusia, perawatan tidak hanya dilakukan untuk bagian luarnya, tetapi juga bagian dalam. Oleh karena itu, mari kita simak ulasan tentang cara praktis merawat motor dari luar dan dalam, demi safety riding saat musim hujan.

  1. Perawatan Motor dari Luar

Saat musim hujan, beberapa orang beranggapan tidak perlu mencuci motornya karena sudah tersiram air hujan. Anggapan ini sebenarnya keliru karena air hujan mengandung zat asam yang dapat menyebabkan bagian motor mudah berkarat. Oleh karena itu, mencuci motor saat musim hujan tetap diperlukan untuk menghilangkan zat-zat asam yang menempel pada motor. Namun, apabila Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencuci motor, menyiramkan air biasa pada motor sudah cukup untuk menghilangkan kandungan zat asam akibat air hujan.

Selain mencuci motor, melakukan pengecekan pada ban juga merupakan hal yang penting. Sebelum bepergian, sebaiknya kita mengecek apakah ban motor sudah memiliki cukup udara atau tidak. Hal ini bisa dilakukan hanya dengan menekan ban motor dengan ibu jari. Memastikan ban motor berisi cukup udara menjadi penting untuk menghindari tarikan motor yang berat. Selain itu, apabila ban motor kekurangan udara, permukaan ban dapat bergesekan langsung dengan aspal sehingga menjadi tipis. Selain itu, ban motor juga perlu dicuci demi menghilangkan kandungan asam yang berasal dari air hujan. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengaratan.

  1. Perawatan Motor dari Dalam

Apabila dalam tubuh manusia jantung merupakan organ yang berperan penting, motor pun memiliki komponen vital, yaitu busi. Busi dapat diibaratkan seperti jantung bagi motor karena mempunyai fungsi sebagai penghasil percikan api dalam ruang bakar mesin sehingga motor dapat bergerak. Busi yang tidak dirawat dapat menyebabkan motor cepat mogok atau susah dinyalakan. Pada saat musim hujan, busi yang terkena air pun dapat menyebabkan masalah. Oleh karena itu, setelah motor terkena hujan atau ekstrimnya sampai terendam banjir, sebaiknya busi dibersihkan dengan cara mencabut karet penutup busi, lalu Anda bisa meniupnya, dan mengelap dengan air bersih. Setelah itu, perlu untuk mengeringkannya karena busi yang basah mengakibatkan motor tidak dapat dinyalakan.

Selain busi, komponen dalam motor yang penting untuk dirawat adalah knalpot dan rantai. Apabila dalam knalpot dijumpai banyak sekali kotoran yang melekat, maka knalpot dapat mengalami pengeroposan. Oleh karena itu, perawatan dan pengecekan terhadap knalpot menjadi penting. Selain itu, rantai motor juga perlu diperhatikan. Air hujan yang mengandung zat asam dapat menyebabkan pengaratan pada rantai. Oleh karena itu, perlu dibersihkan.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan motor dari luar dan dalam saat musim hujan agar kita dapat berkendara dengan aman.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your comments (*)

Name (*)

Your full name please.

Email address (*)

Used for gravatar.

Website

Link back if you want.