Home Lain LainPelayanan Retur Lengkap untuk Mudahkan dari Jualan Online di Blibli.com

Pelayanan Retur Lengkap untuk Mudahkan dari Jualan Online di Blibli.com

Salah satu hal yang penting dalam berjual beli online adalah return atau yang kemudian lebih sering disebutkan sebagai retur. Proses retur ini penting untuk diketahui baik oleh pihak merchant maupun pembeli untuk menghindari hal yang tidak dinginkan. Pelayanan retur yang baik akan memudahkan kedua belah pihak dalam melakukan berbagai aktifitasnya, baik itu membeli maupun jualan online.

Memahami Alasan Umum Terjadinya Retur Barang

Return atau retur adalah suatu proses yang meliputi mekanisme yang bertujuan untuk mengembalikan produk atau pesanan pembeli kepada penjual untuk diganti dengan produk lain yang lebih baik. Nah, alasan seorang pembeli melakukan retur secara umum, diantaranya;

  • produk yang tidak sesuai dengan pesanan,
  • terdapat kecacatan atau kerusakan produk dari pihak merchant,
  • produk menglami kerusakan dalam proses pengiriman,
  • adanya ketidakpuasan dengan produk yang dipesan, misalnya ukuran yang tidak pas dan sebagainya

Bagi pembeli, retur memungkinkan mereka untuk mendapatkan barang yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Sementara bagi pihak penjual, layanan retur menjadi wujud dari kredibilitasnya untuk memberikan layanan terbaik pada setiap konsumennya. Sayangnya, banyak pembeli yang merasa dibebani oleh ongkos kirim balik sehingga enggan untuk belanja online.

Retur Mungkin Tak Terelak, Tapi Kalau Mudah, Kenapa Tidak?

Nah, bagi Anda yang menggunakan Blibli.com untuk berbelanja online entah itu melalui browser atau melalui aplikasi smartphone bisa menikmati kemudahan mendapatkan solusi pengembalian produk alias retur ini. Layanan e-commerce ini memberikan perhatian khusus untuk pengembalian barang untuk solusi yang cepat, hemat dan praktis. Bahkan biaya layanan retur yang ditawarkan adalah gratis, termasuk ongkos kirimnya.

Layanan jual beli online ini menyediakan Return Spot yang sudah beroperasi di wilayah Jakarta dan Surabaya. Tempat ini bisa Anda datangi untuk meminta solusi pengembalian barang dari Blibli.com. pembeli cukup datang membawa barang disertai segala kelengkapannya dan dokumen pengembalian produk yang telah diisi. Di tempat ini, Anda akan segera dilayani staff yang kemudian memberikan feedback dan solusi retur. Pastikan Anda datang di hari dan jam kerja.

Pelayanan retur lainnya yang juga ditawarkan oleh Blibli.com yang juga memudahkan pembeli antara lain;

  • menggunakan jasa penjemputan dari Blibli.com
  • melalui PopBox/Drop
  • melalui jaringan Alfatrex di toko Alfa Group (bagi Anda yang tinggal di Jabodetabek)
  • atau melalui jasa pengiriman lain yang ongkos kirimnya akan diganti oleh pihak Blibli.com

Tentunya  layanan retur yang lengkap dan gratis ini akan semakin menarik minat Anda untuk berbelanja melalui Blibli.com, mengingat belanja di situs ini juga gratis ongkir. Selain bebas biaya kirim-kirim, Anda sebagai pembeli juga diuntungkan  dengan adanya garansi 15 hari pengembalian barang.

Tips untuk Memudahkan Proses Retur Barang di Blibli.com

Nah untuk semakin memudahkan proses retur barang yang Anda lakukan, ada beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan selama proses retur ini, diantaranya

  • Segera periksa saat Anda mendapat notifikasi bahwa barang pesanan sudah tiba. Hal ini untuk memberikan Anda waktu yang cukup seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan.
  • Setelah barang tiba, segera ambil foto kemasan barang yang bisa digunakan sebagai bukti penilaian kelayakan pengemasan. Terkadang ada kondisi packing yang memicu masalah kerusakan barang dan menjadi alasan retur cacat barang.
  • Saat membuka kemasan, cek kondisi barang dengan seksama dan jangan asal membuang item baik itu packaging maupun barang-barang lain yang menyertai pengiriman.
  • Apabila ditemukan kerusakan pada barang, ambil fotonya sejelas mungkin.
  • Ikuti tata cara proses retur barang yang dapat Anda ketahui di aplikasi maupun situs Blibli.com dan lakukan sesegera mungkin untuk menghindari terlewatnya jangka waktu retur.
  • Setelah barang Anda kirimkan balik ke alamat Blibli.com, pantau update proses retur maupun notifikasi email dan telepon dari pihak Blibli.com

Bagaimana,mudah bukan? Dengan berbagai layanan di atas, tentunya akan sangat memudahkan Anda untuk berbelanja online di Blibli.com. Masih kepikiran ongkos kirim dan barang yang tidak memuaskan? Mungkin sudah bukan zamannya lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *