Pemerintah akan Bentuk Tim Pengawas ASN Bermain Medsos

Kementerian Reformasi Administrasi dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) berencana, bersama..

Pemerintah akan Bentuk Tim Pengawas ASN Bermain Medsos

Kementerian Reformasi Administrasi dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) berencana, bersama dengan Badan Personalia Negara (BKN), untuk membentuk tim khusus untuk mengawasi Perangkat Sipil Negara (ASN). Tugas tim adalah untuk mencegah ASN terlibat dalam pidato kebencian, radikalisme dan politik praktis. Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan prinsip dasar profesi ASN adalah untuk menjunjung tinggi ideologi Pancasila, UUD 1945, dan untuk mematuhi pemerintah yang sah. Sementara itu, katanya, banyak elemen ASN yang terlibat dalam pidato kebencian tidak mengakui Pancasila sebagai ideologi negara dan terlibat dalam politik praktis.

Menurutnya, ASN adalah negara yang berkewajiban mengikuti aturan dan ideologi negara dan mematuhi pemerintah dalam melaksanakan tugasnya. Untuk alasan ini, Bima mendesak pemerintah untuk segera membentuk tim khusus untuk mencegah hal-hal seperti itu terjadi lagi dan berkembang di sirkuit ASN. Tim atau kelompok kerja kementerian / lembaga antar pemerintah kemudian diharapkan untuk mengawasi dan mempromosikan ASN sehingga mereka selalu dapat mempraktikkan nilai-nilai inti dan dasar-dasar profesi ASN, kata Bima dalam pertemuan tentang disiplin ASN di Kementerian RB Kantor van Kemenpan, Jakarta, Rabu (16/10).

Wakil pejabat SDM Rpan Kemenpan, Setiawan Wangsaatmaja, mengatakan partainya akan segera menyiapkan dasar hukum dan kerangka kerja untuk pembentukan tim pengawasan. Sebelum membentuk tim kontrol, pihaknya terlebih dahulu akan meminta masukan dari berbagai pihak tentang masalah ini. “Pemerintah optimis bahwa sekali lagi dapat melihat profesi ASN sebagai perekat dan menyatukan bangsa,” kata Setiawan.

Rosarita Niken Widiastuti, Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi (Kemkominfo), mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informasi sepenuhnya mendukung pembentukan tim pemantauan. Ini membantu menyiapkan berbagai fasilitas pendukung. Pada saat yang sama, direktur organisasi kelembagaan dan staf Kementerian Dalam Negeri (Kementerian Dalam Negeri), Makmur Marbun, sepenuhnya mendukung pembentukan tim. Ini akan mencegah ASN untuk dipolitisasi dalam Pilkada 2020 mendatang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your comments (*)

Name (*)

Your full name please.

Email address (*)

Used for gravatar.

Website

Link back if you want.