Home KesehatanPentingkah Anda Melakukan Medical Check Up?
Pentingkah Anda Melakukan Medical Check Up?

Pentingkah Anda Melakukan Medical Check Up?

Kira-kira penting tidak sih Anda melakukan medical check up? Lantas, kapan Anda memerlukan medical check up tersebut?

Medical check up ini mungkin saja bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia khususnya masih merupakan salah satu kegiatan atau pun aktifitas yang mahal serta hanya membuang-buang uang saja. Padahal dengan Anda melakukan medical check up secara dini dan juga rutin, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk biata berobat di kemudian harinya. Semakin bertambah usia seseorang, maka akan ada banyak hal yang bisa saja terjadi. So, dengan melakukan medical check up dini dan juga rutin ini, Anda bisa mencegah beberapa hal yang bisa saja terjadi di kemudian hari seperti naiknya kolesterol tinggi.

Wakhu yang paling tepat untuk melakukan medical check up ini adalah sedini mungkin, dianjurkan khususnya pada usia 35 tahun ke atas, baik yang memiliki keluhan atau pun tidak. Sebab pada usia tersebut, proses penuaan mulai terjadi, akan tetapi bukan berarti di bawah usia 35 tahun juga tidak memerlukan medical check up ya, tetap diperlukan khususnya bagi yang memiliki banyak keluhan.

Lantas, apa saja yang harus diperiksa?

Setiap rumah sakit pastinya memiliki unit-unit medical check up, dan setiap rumah sakit akan mengemas pemeriksaan-pemeriksaan tersebut ke dalam bentuk paket-paket. Jika Anda memang baru pertama kalinya melakukan medical check up tersebut, kami sarankan agar Anda memilih paket yang bisa mengetahui kondisi tubuh Anda secara menyeluruh. Yang mana di dalam pakter tersebut terdapat :

  • Pemeriksaan laboratorium (urine, cek darah, dan faeces)
  • Pemeriksaan fisik
  • Pemeriksaan roentgen
  • Pemeriksaan mata
  • Pemeriksaan spirometry
  • Pemeriksaan audiometry
  • Pemeriksaan elektrokardiogram dan treadmill test
  • Pemeriksaan ultrasound abdomen
  • Bagi wanita yang sudah menikah juga diperlukan papsmear, dan bagi pria dilakukan pemeriksaan uroflowmetry
  • Pemeriksaan gigi

Lalu, setiap berapa lama idealnya untuk melakukan medical check up tersebut? Medical check up ini, idealnya bisa dilakukan setiap 6 bulan hingga 1 tahun sekali, tetapi bukan berarti dengan melakukan medical check up yang Anda lakukan secara rutin tersebut, Anda tidak mungkin terkena penyakit. Namun, kelainan secara dini bisa segera diobati dengan baik, sehingga kualitas hidup Anda bisa dipertahankan.

Selain itu, apa paket medical check up ini harus mengambil paket yang sama untuk setiap kali Anda melakukan medical check up? Perlu Anda tahu juga bahwasannya keputusan untuk mengambil suatu paket pada medical check up ini umumnya didasarkan pada keluhan yang Anda derita. Anda bisa konsultasikan dengan petugas yang bertugas atau pun dokter keluarga Anda terlebih dahulu, untuk memilih paket yang akan Anda ambil.

Demikianlah sekilas informasi tentang pentingkah Anda melakukan medical check up. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *