Home KesehatanPenyakit Lupus dan Penanganannya
Penyakit Lupus dan Penanganannya

Penyakit Lupus dan Penanganannya

Penyakit lupus merupakan penyakit yang menyerang pada sistem kekebalan tubuh (sistem imun) pada tubuh manusia atau juga disebut penyakit autoimun. Penyakit autoimun ialah penyakit dimana sistem imun atau sistem kekebalan tubuh manusia mempunyai fungsi sebagai pelindung tubuh dari serangan virus dan bakteri justru melawan dan menghancurkan sistem kekebalan tubuh pada manusia itu sendiri. Sehingga penyakit ini bisa merusak segala bagian ada tubuh manusia. Belum diketahui secara pasti apa penyebab pasti penyakit lupus ini. Karena penyakit ini tidak mempunyai ciri – ciri atau gejala penyakit yang khas yang bisa ditentukan sebagai penyakit lupus. Sebagai contoh ketika penyakit lupus menyerang pada organ mulut maka gejalanya akan seperti sariawan dan biasa dianggap kekurangan viatamin C. Jika yang diserang oleh penyakit ini bagian darah, maka akan menimbulkan penyakit seperti anemia.

Karena gejala penyakit lupus seperti gejala penyakit lainnya, ini menyebabkan penyakit lupus sulit untuk didiagnosis. Hal ini bisa berakibat fatal bagi penderita. Dokter sendiri pun perlu pemeriksaan yang berlanjut dan membutuhkan alat rekam medis yang cukup lama. Jadi, seseorang tidak bisa disimpulkan terserang penyakit lupus pada saat pertama kali periksa.  Penyakit lupus ini memperoleh julukan ‘penyakit bermuka seribu’ atau ‘si peniru ulung’.

Penyakit lupus ini tidak mempunyai ciri penyakit yang khas seperti penyakit influenza atau muntaber. Ada beberapa gejala dari penyakit lupus ini, diantaranya yaitu  terasa nyeri pada sendi dan terjadi pembengkakan pada sendi serta rasa lelah yang berkepanjangan. Selain hal tersebut, gejala penyakit lupus biasanya dimulai dengan demam tinggi, ruam –ruam  merah pada wajah yang menyerupai kupu – kupu, sesak nafas, dan badan terasa lemas serta sensitif terhadap sinar matahari. Dari beberapa gejala tersebut, memang kesemuanya memiliki penyakit masing – masing. Jika tidak didiagnosis secara khus, penyakit ini akan dianggap penyakit biasa. Karena penyakit lupus sulit terdeteksi, penanganan yang baik pada penderita penyakit ini yaitu dengan cara selalu waspada apabila ada gejala – gejala penyakit biasa pada organ tubuh tertentu yang tidak kunjung sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *