Penyakit Paling Berbahaya pada Anak

Anak-anak berada pada usia yang rentan terhadap penyakit. Hal tersebut..

Penyakit Paling Berbahaya pada Anak

Anak-anak berada pada usia yang rentan terhadap penyakit. Hal tersebut dikarenakan sistem imun anak yang belum berkembang dengan sempurna. Terdapat beberapa penyakit ringan yang menyerang anak, namun ada juga beberapa penyakit berbahaya yang menyerang anak yang wajib Anda ketahui.

Penyakit Berbahaya pada Anak

  1. Diare

Pada anak-anak, banyak kasus kematian yang terjadi disebabkan oleh diare. Hal tersebut disebabkan karena diare dapat menyebabkan anak dehidrasi yang dapat berujung kematian. Virus yang menyebabkan diare pada anak adalah rotavirus, kolera, disentri, dan lainnya. Jika diare disertai dengan muntah, berikan obat mual muntah yang aman buat anak.

  1. Infeksi saluran napas bawah

Jenis penyakit berbahaya yang menyerang saluran napas bawah adalah pneumonia dan bronkitis. Penyakit ini disebabkan oleh adanya infeksi. Angka kematian penyakit ini lebih tinggi daripada kematian pada anak yang disebabkan oleh penyakit malaria bahkan penyakit HIV/AIDS sekalipun.

  1. Tetanus

Penyakit tetanus disebabkan oleh clostridium tetani. Clostridium tetani merupakan sejenis bakteri yang hidup di tanah serta dapat tersebar dimana-mana. Maka dari itu penyakit ini rentan menyerang anak-anak yang masih suka bermain kotor-kotoran. Pemicunya dapat berupa luka kecil apabila ada kontak dengan sesuatu yang kotor.

  1. Meningitis

Meningitis atau infeksi selaput otak merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini berupa infeksi yang menyerang otak serta sumsum tulang belakang. Penyakit ini harus segera ditangani sebelum mengakibatkan kematian. Bahkan pasien yang telah sembuh pun dapat menderita gangguan pendengaran, ketidakmampuan belajar, serta kerusakan otak.

  1. Difteri

Penyakit difteri ini ditandai dengan sakit tenggorokan serta timbul bercak putih di tenggorokan. Penyakit ini harus segera ditangani karena jika lambat ditangani akan membuat saluran pernapasan dan jantung akan buntu. Hal tersebut yang membuat penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang cukup mematikan.

  1. HIV/AIDS

HIV merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sehingga menimbulkan terjadinya infeksi dan memicu penyakit yang lain. Biasanya HIV disertai penyakit AIDS yang mengikuti dalam 8 sampai 15 tahun kemudian. Gejala penyakit ini biasanya ditandai dengan sariawan dan luka lama sembuh.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your comments (*)

Name (*)

Your full name please.

Email address (*)

Used for gravatar.

Website

Link back if you want.