Home KesehatanPerkembangan Janin dari Minggu ke Minggu: Minggu 1-4
Perkembangan Janin dari Minggu ke Minggu: Minggu 1-4

Perkembangan Janin dari Minggu ke Minggu: Minggu 1-4

Bagi Anda calon ibu yang sedang mengandung, pasti sangat bahagia ya. Sebagai calon ibu, mengamati perkembangan janin dari minggu ke minggu pasti menjadi momen yang sangat menyenangkan sekaligus mendebarkan bukan? Bagi Anda yang belum tahu seperti apa perkembangan janin dari minggu ke minggu dalam kandungan seorang ibu, di sini Anda akan mengetahui bagaimana perkembangannya pada minggu-minggu di awal kehamilan.

Perkembangan janin dari minggu ke minggu dimulai dari minggu pertama. Pada minggu ini belum terjadi pembuahan pada rahim ibu, akan tetapi sebagai calon ibu, Anda harus melakukan persiapan yang matang seperti mulai mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, serta menghindari minuman beralkohol dan rokok karena mengandung bahan yang berbahaya dan mengganggu proses menjelang pembuahan. Pada minggu kedua merupakan minggu yang cukup krusial dimana pada minggu ini rahim sudah siap menerima proses pembuahan dan memasuki masa subur dengan terjadinya ovulasi pada rahim. Nah, pada minggu ketiga, walaupun calon ibu belum merasakan bahwa dirinya sedang hamil, namun sebenarnya pada minggu ini adalah minggu terjadinya pembuahan. Materi genetik dari dala sperma dan sel telur pecah mendai ratusan dan membetuk blastosit yang dalam waktu sekitar 5 hari akan menempel pada rahim ibu. Pada minggu keempat, sel-sel tersebut akan berkembang dengan sangat pesat. Sekelompok sel akan membentuk plasenta sementara kelompok lainnya akan membentuk janin. Sel juga akan membentuk lapis-lapis dimana tiap lapisan tersebut akan berkembang serta membentuk organ tertentu nantinya. Nah, jika pada minggu ini ibu memeriksa kehamilannya dengan testpack, ibu akan mendapatkan kabar gembira karena testpack akan menampakan hasil positif hamil. Pada minggu keempat hasil yang Anda dapatkan akan lebih akurat sehingga pengetesan pada minggu ini sangat disarankan.

Itu tadi perkembangan janin di awal kehamilan yakni pada minggu pertama sampai ke empat. Ada banyak persiapan dan harapan yang membuat ibu dan ayah menjadi sangat penasaran dan terus mengamati perkembangan janin dari minggu ke minggu. Dengan mengamati perkembangan janin dalam kandungan tiap minggunya Anda dapat mengatasi masalah-masalah yang terjadi lebih dini. Anda juga dapat mengetahui kesehatan dan perkembangan si kecil dalam kandungan. Jika Anda sudah mengetahui bahwa Anda hamil, jangan lupa untuk menjada segala asupan yang masuk ke tubuh Anda mulai dari makanan sampai obat-obatan karena ada makanan serta obat-obatan tertentu yang dapat mengganggu kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *