Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik yang Bisa Anda pilih

Sepeda merupakan salah satu jenis transportasi konvensional yang cukup banyak digunakan...

Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik yang Bisa Anda pilih

Related image

Sepeda merupakan salah satu jenis transportasi konvensional yang cukup banyak digunakan. Saat ini ada begitu banyak jenis-jenis sepeda seperti sepeda balap, sepeda gunung, sepeda perkotaan, sepeda menuruni gunung dan masih banyak lagi. Salah satu sepeda yang banyak digunakan adalah mountain bike (MTB) dengan komponen yang berbeda dengan sepeda lainnya karena dirancang khusus untuk melewati medan yang berat. Sepeda ini juga dirancang sesuai medan gunung yang akan dilewati bahkan terdapat sepeda yang khusus dirancang untuk menuruni gunung. Sepeda ini memiliki komponen yang membuat pesepeda nyaman berkendara dan juga tetap menjaga keselamatan pengendara dengan berbagai rangka yang kuat dan juga beberapa komponen lainnya.

MTB sudah dijual pada beberapa situs belanja online terpercaya dengan harga yang cukup mahal. Namun pembeli dapat memilih sesuai dengan budget dan juga memanfaatkan diskon dan promo untuk potongan harga. Kenali terlebih dahulu jenis-jenis MTB diantaranya:

  • Rigid, jenis sepeda yang tidak dilengkapi dengan suspensi dan biasanya digunakan untuk bersepeda santai cross country low end.
  • Hardtail, memiliki suspensi pada bagian depan dan digunakan untuk melewati trek yang bervariasi dan ketiadaan suspensi belakang dapat memudahkan pengendara memacu kecepatan.
  • Softail, mempunyai suspensi belakang yang kecil dan membuat pengendara mendapatkan kenyamanan sepeda full suspension dan kecepatan.
  • Full suspension, dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang yang dapat naik dan turun mengikuti kontur medan yang dilalui, jenis sepeda ini sangat cocok untuk trek offroad dengan kontur tanah yang tidak rata dan berbatu dan memiliki shock depan dan belakang yang dapat meredam getaran.

Selain beberapa diatas, ada juga Cross Country atau XC dengan bobot ringan dan dipakai untuk trek rata beraspal sampai trek tanah yang kasar. Sepeda ini didesain lebih efisien dan mudah dikayuh sehingga dapat melaju dengan cukup cepat untuk menjangkau jarak yang lebih jauh. Trail merupakan jenis sepeda lainnya yang digunakan untuk melintasi jalanan kasar dengan variasi tanjakan dan turunan yang berbatu.

Berikut adalah beberapa rekomendasi sepeda gunung terbaik untuk para pemula diantaranya:

  • Viva Cycle Morelli 560 Rp1.289.400 dengan ukuran ban 26 inchi untuk perkotaan dan frame hi-ten yang kuat.
  • Polygon Monarch 2 Lady Rp1.715.000 dengan dua puluh satu kecepatan gigi yang semakin membuat pesepeda lebih fleksibel.
  • United Venus XC 77 Rp3.700.000 dengan frame alloy yang lebih ringan dan menggunakan Shimano pada depan dan Shimano Acera gigi belakang.
  • Pacific Invert 500 Rp2.650.000 dengan full suspension dan memiliki 24 kecepatan gigi dan digunakan untuk off road dan perkotaan.
  • Element Gallium Rp9.715.500 dengan frame alloy alumunium dan ukuran ban 27,5 inchi serta adanya pengunci model saklar untuk suspensi depan.

Beberapa sepeda diatas sudah terdapat pada situs jual beli online terpercaya dengan mudah. Sepeda ini akan melengkapi perjalanan penggunanya. Terutama untuk perjalanan jauh dan trek yang susah maka akan dibawa menggunakan mobil. MTB juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang menarik untuk lebih memudahkan pesepeda saat melewati kondisi jalan yang tidak rata dan berbatu.

Sepeda gunung juga perlu dipilih berdasarkan kondisi jalan yang akan ditemui. Untuk jalanan perkotaan maka sebaiknya memiliki sepeda entry level dengan suspensi depan dan rem cakram. Untuk jalanan yang tidak rata dengan mengeluarkan budget yang lebih. Untuk pesepeda pemula dapat memilih hill climb dan downhill dan memampukan pesepeda melakukan lompatan dan melewati rintangan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your comments (*)

Name (*)

Your full name please.

Email address (*)

Used for gravatar.

Website

Link back if you want.