Syarat-syarat Sahnya Shalat Seseorang

Sebagai umat Islam pasti sudah paham jika shalat adalah bagian..

Syarat-syarat Sahnya Shalat Seseorang

Sebagai umat Islam pasti sudah paham jika shalat adalah bagian dari rukun Islam dan merupakan hal yang paling penting setelah syahadat. Bahkan shalat menjadi salah satu perkara yang wajib diperhatikan dan selalu di jaga bagi semua umat Islam. Dengan menjaga shalat maka segala amalan-amalan kita akan turut terjaga termasuk juga urusan dunia kita. Untuk kita kita perlu menjaga shalat sesuai dengan tata cara yang sudah disyariatkan sebelumnya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala melalui perintah kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Dilansir dari IslamExplored.org jika kita ingin mendirikan shalat, maka harus memperhatikan beberapa hal yaitu syarat shalat, rukun shalat dan wajib dalam shalat agar shalat seorang hamba menjadi sempurna. Sebelum menuju ke rukun dan wajib serta sunnah shalat, hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah syarat shalat karena harus dipenuhi sebelum seseorang memulai shalat. Jika syarat tidak dipenuhi maka shalat seseorang tidak sah

Syarat pertama adalah memeluk agama Islam. Jika kita lihat akan sangat berbeda dengan non-muslim, mereka tidak dikenakan kewajiban menjalankan shalat wajib karena memang tidak memeluk agama Islam. Bahkan jika kita sampai melakukan tindakan yang berbau kekufuran dan syirik bisa saja membatalkan seluruh amalan yang kita perbuat. Kedua adalah berakal yang berlawanan dengan gila atau tidak berakal. Orang Islam yang berakal wajib menjalankan shalat dan orang-orang gila memang tidak ditulis dosa untuk mereka. Sehingga tidak ada perintah shalat untuk orang gila karena akal mereka tidak sehat.

Ketiga adalah Baligh atau Tamyis yaitu anak yang sudah mulai berumur sekitar 7 tahun. Anak dengan umur 7 tahun sudah mulai paham tentang perintah yang dijelaskan kepadanya. Jadi mulai umur 7 tahun sudah dibebankan harus melaksanakan shalat wajib. Keempat adalah suci dari hadast kecil dan besar karena syarat shalat adalah harus dalam keadaan yang suci. Kelima menjauhi segala perkara yang najis dari tempat shalat dan juga pakaian serta bagian tubuh. Kemudian menutup aurat bagi laki-laki dan perempuan, sudah masuk waktu shalat, menghadap ke arah kiblat dan niat untuk melakukan shalat. Pastikan semua syarat terpenuhi agar ibadah shalat kita diterima Allah. (sumber : IslamExplored.org)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your comments (*)

Name (*)

Your full name please.

Email address (*)

Used for gravatar.

Website

Link back if you want.