Tips Membeli Susu Formula untuk Bayi yang Baru Lahir

Air Susu Ibu (ASI) memang sangat ideal untuk bayi. Namun..

Tips Membeli Susu Formula untuk Bayi yang Baru Lahir

Air Susu Ibu (ASI) memang sangat ideal untuk bayi. Namun tak semua ibu memiliki waktu untuk memberikan ASI pada sang bayi, baik karena alasan pekerjaan maupun kesehatan. Selain pompa ASI, kebanyakan orang tua juga memberikan susu formula sebagai pengganti ASI. Terdapat banyak sekali brand susu formula di pasaran dan semuanya mengklaim sebagai yang terbaik. Hari ini, susu formula dijual dengan berbagai pilihan umur, mulai dari 1-6 bulan hingga tiga tahun. Dibanding kebutuhan lainnya, susu formula termasuk yang paling menguras budget. Jangan khawatir, berikut kami akan menyajikan beberapa tips membeli susu formula untuk bayi yang baru lahir.

  • Jangan Membeli Susu Formula Sebelum Anak Lahir

Beberapa orang tua menyangka bahwa susu formula itu layaknya kebutuhan bayi lainnya yang mesti disiapkan sejak awal. Tak hanya itu, karena ingin menghemat budget, orang tua akhirnya berburu diskon, dan menimbun susu formula sebanyak-banyaknya. Terdengar bijak memang, namun hal ini tak berlaku untuk susu formula. Perlu kamu ketahui, bayi hanya cocok dengan brand susu formula tertentu, jadi kamu mesti melakukan eksprerimen, tepat setelah anak lahir ke dunia. Tak peduli jika harga produk susu formula sangat mahal, jika anak mengalami ruam-ruam, alergi, muntah-muntah, ataupun sering menangis, maka jangan pernah gunakan produk susu formula mahal tersebut.

  • Sign Up di Toko Online

Jika kamu ingin menghemat biaya, sebaiknya kamu segera sign up di beberapa toko online yang menjual susu formula bayi. Banyak sekali toko online yang menawarkan susu formula dengan harga murah, baik karena potongan harga atau memang karena sedang ada promo. Salah satu toko online yang bisa kamu masuki yaitu Orami Indonesia. Orami merupakan salah satu toko perlengkapan bayi online terbaik di Indonesia, jadi tak perlu ragu sign up di toko online satu ini. Jika kamu membeli susu formula untuk bayi baru lahir lewat Orami, maka setelahnya, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi promo dan diskon yang dikirimkan via email.

  • Beli Susu Formula Bubuk

Daripada membeli susu formula siap saji yang harganya cukup mahal, sebaiknya kamu membeli susu formula bubuk saja. Iya betul sekali, susu formula berbentuk bubuk dibandrol lebih murah di pasaran. Apalagi jika ada diskon, maka susu formula bubuk ini dapat menyelamatkan kondisi finansialmu dalam sebulan. Namun perlu diingat, penggunaan susu formula bubuk ini membutuhkan ketelitian. Jika kamu tidak tahu takaran air yang paling tepat, bisa jadi sang anak malah mengalami berbagai masalah kesehatan seperti mual, mencret, atupun kurang gizi. Idealnya untuk membuat sebotol susu, dua sendok makan susu formula bubuk dicampurkan dengan 2 ons air.

  • Belilah yang Berukuran Besar

Untuk menghemat budget lainnya, kamu ‘pun sebaiknya membeli susu formula dalam kemasan besar daripada kemasan kecil. Susu formula kemasan kecil memang harganya lebih murah, namun cepat habis dan jika dikalkulasikan, maka total biayanya bisa sangat besar. Berbeda jika kamu membeli susu formula ukuran besar, maka kamu tak perlu berkali-kali membeli susu formula karena lebih awet dan jika dikalkulasikan biayanya lebih rendah daripada dengan kamu membeli susu formula kemasan kecil.

  • Cek Supermarket atau Toko Online yang Berbeda-beda

Perlu kamu ketahui, tak semua supermarket atau toko online menawarkan produk susu formula dengan harga yang sama. Jadi sebaiknya kamu jangan malas-malas mengecek perbedaan harga antara satu supermarket dengan supermarket lainnya, begitupun dengan toko online.

  • Kombinasikan dengan ASI

Sebenarnya kamu ‘pun bisa menghemat budget dengan tak hanya memberikan susu formula saja, melainkan bisa juga dikombinasikan dengan ASI. Jika alasanmu tidak memberikan ASI karena bekerja, cobalah atur waktunya agar kamu masih bisa memberikan ASI. Misalnya sebelum berangkat kerja dan pulang kerja, kamu bisa memberikan ASI pada sang bayi.

Nah itulah tips membeli susu formula untuk bayi yang baru lahir. Jangan sampai kondisi keuanganmu memburuk hanya karena tidak mampu menghemat biaya membeli susu formula.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your comments (*)

Name (*)

Your full name please.

Email address (*)

Used for gravatar.

Website

Link back if you want.