Home Gaya HidupTips Parenting Terbaik untuk Anak-anak Prasekolah

Tips Parenting Terbaik untuk Anak-anak Prasekolah

Anak-anak prasekolah dikenal karena energi mereka yang meluap dan pikiran ingin tahu yang membuat kita sebagai orangtua menjadi  selalu waspada. Ini adalah tahap ketika mereka belajar lebih banyak dan memperoleh keterampilan baru. Walaupun kedengarannya luar biasa, tetapi sebagai orang tua dari anak prasekolah, kalian tahu betapa menantangnya untuk menjaga anak prasekolah karena mereka cenderung tidak bisa diam.

Tips Parenting Terbaik untuk Anak-anak Prasekolah seperti yang dilansir oleh berita tangerang hari ini terbaru.

  1. Melatih keterampilan komunikasi mereka

Keterampilan komunikasi balita sama pentingnya. Semakin jelas keterampilan komunikasi mereka, mereka akan semakin baik dengan anak-anak dan guru lain begitu mereka mulai berangkat ke prasekolah.

  1. Ajari dia untuk menjadi pendengar yang Baik

Kita semua tahu bahwa mengendalikan pikiran balita yang berubah-ubah itu menantang. Namun, di prasekolah ia harus mengikuti berbagai kegiatan seperti menyanyi, menggambar, mendengarkan penjelasan gurunya dan lain sebagainya. Semua ini akan mengharuskannya untuk duduk diam dan memperhatikan. Menjadi pendengar yang baik akan membantunya secara proaktif mengikuti berbagai kegiatan di prasekolahnya.

  1. Melatih kerja tim

Sekali lagi, selain menghabiskan waktu di rumah, dia akan menghabiskan 4-5 jam dengan anak-anak lain dan guru di prasekolahnya, mengambil bagian dalam berbagai kegiatan kelompok . Kegiatan ini membutuhkan kerja tim, dan kalian dapat mendorong keterampilan ini dalam dirinya dengan bermain-main dengannya di rumah.

  1. Ajari dia untuk mengikuti instruksi

Di usia muda, kita belajar melalui instruksi dan arahan yang diberikan kepada kita. Namun, itu tidak akan semudah itu, jika kalian tidak tahu cara mengikuti petunjuk. Di prasekolah, anak kalian akan mengikuti arahan dari gurunya untuk mengikuti berbagai kegiatan yang menyenangkan. Bimbing dia cara mengikuti instruksi dengan bermain-main dengannya, berikan tugas-tugas menyenangkan dan ambil bagian di dalamnya.

  1. Membantu belajar alat tulis

Prasekolah menawarkan berbagai kegiatan yang membutuhkan penggunaan benda-benda seperti pensil , krayon , gunting , lilin atau pensil warna . kalian dapat membantunya cara menanganinya dengan benar dengan mendorongnya untuk menggambar dan menulis lebih banyak. kalian dapat mengajari dia cara menulis huruf, angka, dll.

  1. Ajari dia untuk menjadi mandiri

Di rumah, kalian berada di sana untuk menyeka dan membersihkannya setelah melakukan berbagai aktivitas seperti makan atau bermain. Kalian ada di sana untuk membantunya mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Namun, saat di prasekolah kalian tidak bisa berada di sana bersamanya. Dorong dia untuk mandiri sehingga dia bisa menyeka mulut atau hidungnya, atau mencuci tangannya sendiri. Ini juga menimbulkan rasa tanggung jawab dan kemandirian di dalamnya, yang akan berguna bagi mereka di tahun-tahun mendatang.

  1. Miliki rutinitas yang sudah ditetapkan

Memiliki rutinitas yang ditetapkan untuk berbagai aktivitas seperti bermain, makan, ngemil, tidur, dll. Penting bagi kalian berdua. Tidak hanya akan mengajarkan disiplin kepada anak kalian, tetapi juga akan membantu kalian mengatur waktu kaian sendiri secara efisien. Keuntungan lainnya adalah kaian tidak perlu mengejarnya setiap kali untuk mengingatkan mereka agar makan tepat waktu atau menidurkannya.

  1. Cobalah untuk tidak terlau ketat

Disiplin jangan disamakan dengan ketegasan. Anak-anak cenderung keras kepala jika kalian terlalu tegas dengan mereka. Alih-alih berbicara dengan mereka dengan ramah, dapatkan kepercayaan mereka sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan kalian tanpa rasa takut. Ini juga akan membantu kalian memiliki ikatan yang kuat dengan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *